Bulan Bahasa yang diselenggarakan di Madrasah Tsanawiyah Ngeri 6 Demak dengan tema “Pagelaran Seni dan Budaya” “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatal Lil’alamin”. Adalah merupakan momentum penting dalam upaya melestarikan dan mengembangkan bahasa Indonesia sebagai identitas nasional. Kegiatan ini tidak hanya sekadar perlombaan atau pentas seni, namun lebih dari itu, menjadi wadah bagi peserta didik untuk mengasah kemampuan berbahasa, berpikir kritis, dan menumbuhkan kecintaan pada budaya bangsa.
Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatal Lil’alamin
Sejalan dengan proyek penguatan profil pelajar Pancasila Rahmatal Lil’alamin (p5ra), Bulan Bahasa ini diharapkan dapat menumbuhkan karakter-karakter yang relevan, seperti beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan, peserta didik diajak untuk mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam berbahasa dan bersastra.
Kegiatan Bulan Bahasa dapat dirancang dengan beragam bentuk yang menarik dan menantang bagi peserta didik. Berikut rangkaian acara kegiatan yang laksanakan di MTsN 6 Demak:
Rangkaian acara kegiatan Bulan Bahasa dalam rangka
Bulan bahasa sekaligus proyek penguatan profil pelajar Pancasila Rahmatal Lil’alamin (p5ra), diselenggaran pada hari Kamis, 10 Oktober 2026 dengan rangkaian acara sebagai berikut:
- Pembukaan Resmi: Acara dibuka secara resmi oleh Waka Kurikulum Bpk. Susilo Utomo, S.Pd.
- Pameran Karya Seni dan Budaya Berbasis Bahasa: Menampilkan hasil karya seni dan budaya siswa yang bertema bahasa berupa seni tari, seni musik, seni drama
- Bazar Produk siswa: Menyelenggarakan bazar produk proyek siswa dengan harga terjangkau.
Galeri Dokumentasi Kegiatan
Diharapkan, melalui Bulan Bahasa ini, peserta didik dapat tumbuh menjadi generasi yang cerdas, berakhlak mulia, dan cinta tanah air. Semoga Bulan Bahasa ini dapat menginspirasi peserta didik untuk terus berkarya dan mengembangkan potensi diri.